Ads 468x60px

Senin, 28 Januari 2013

LOMO DAN TOYCAM

1. Lomo/Lomography
Tentu tidak asing lagi dengan kata ini. Ya! Hampir semua kamera lucu warna warni dari plastik disebut lomo padahal sih enggak. Wajarlah mungkin banyak yang tertipu karena selama kita ingin mendapatkan kamera tersebut kita akan dihadapken dengan seller (onlen terutama) yg mencantumkan nama lomo di jualannya seperti “dijual lomo aquapix” .. “dijual lomo disderi” .. kalo anda percaya berarti anda tertipu.

Kalo lomo sendiri dijabarkan bakal berisi satu post sendiri, jadi saya batasin. Lomography yang membuat dunia fotografi analog semakin mewabah lagi. Munculnya kamera2 lain jg karena ada kamera lomography. Saya juga main lomo duluan sebelum kenal yang lain. Kalo menurut mereka kamera lomography/lomo ya kamera yang mereka produksi, di luar itu ga bisa disebut lomo. Nah daripada sy yang ngomong panjang lebar nanti salah biar ga hoax, pic yg berbicara

prinskrin dari twitter resmi @lomonesia

*kalo gitu smena, horizon, fed itu termasuk mana ya? :D 2. Toycam
Nah istilah ini muncul untuk menamai kamera-kamera non lomo tadi. Eits perlu diingat bahwa toycam pun punya spek tersendiri sehingga disebut toycam. Toy adalah mainan, sudah pasti mainan itu berbentuk lucu, warna warni, unik, dan kebanyakan kamera ini berbahan dasar plastik. Pingin tahu bentuknya & penjelasan lengkapnya sila maen ke blognya ichakacrut interview dengan donny, salah satu kolektor toycam plg banyak seindonesia raya menurut saya.


Dony's Toycam
3. Kamera Plastik
Hmmm.. ini yang selalu dibikin ribet. Kalo saya lebih suka menyebut kamera lo-fi yg berbahan plastik. Kenapa lo-fi karena sempat ada celotehan konyol “SLR kan ada yg terbuat dr plastik”. Makanya saya bilang lo-fi alias minim pengaturan. Lantas ada yg menanyakan minim pengaturan seperti apa? Ini perlu pemikiran bijak. Parameter lo-fi akan berbeda jika ada pembandingnya. Slr akan keliatan lo-fi ketika disandingkan dengan DSLR. Jadi, lo-fi disini ya bandingkan kamera plastik dengan lainnya sahadja. Kamera plastik punya pengaturan yang simpel, berbentuk simbol2 dgn gambar seperti gunung, orang satu, org banyak utk fokus dan sunny, cloudy, rainy untuk apperture.

fokus - from holgamods
Yang perlu diingat lagi masih ada kamera yg ada di zona abu-abu seperti mju, XA dll. Karena beberapa seri bisa disebut RF & ada yg enggak dan terbuat dari plastik. Kamera2 ini mempunyai auto exposure, temen2 biasanya nyebut kamera AF/AE, tapi saya tidak expert dalam hal ini karena itu sy masukkan zona abu-abu.
olympus xa
Lantas, karena abu abu ga boleh dipake? Ga boleh sharing? Kenapa enggak. Sila dieksplor & sharing sahadja. Toh bukan konteks lomba yang memerlukan persyaratan kan? Bijak sahadja dalam memilih dan memilah. Jenis kamera, merk kamera, bukanlah suatu parameter hasil akan bagus juga. Quote dari MALU “Merk kamera bukan agama, kreatifitas yang utama”.

  taking from : http://myplasticlung.wordpress.com/2011/03/28/lomo-toycam-kamera-plastik-lebih-bijak-memilih-memilah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar